Bahaya dan Efek Samping Memakai Softlens Terlalu Lama

Bahaya dan Efek Samping Memakai Softles Terlalu Lama ,- Softlens (lensa kontak) merupakan sejenis plastik yang tipis yang berkurva direka untuk dipakai di atas permukaan kornea. Softlens (lensa kontak) adalah salah satu cara yang efektik untuk mengurangi gangguan refraksi selain kacamata apabila digunakan dengan cara yang benar dan pengawasan dengan konsultasi kepada ahli mata. Selain untuk mengurangi gangguan refraksi softlens juga digunakan sebagai terapi dan kosmetik. baca : cara menyembuhkan aterosklerosis

Namun di balik keindahan softlens, ternyata juga memiliki sisi negatifnya. Apalagi bagi yang menggunakan secara terus-menerus, tanpa memperhatikan unsur kesehatan. Masalah yang ditimbulkan dengan pemakaian softlens tergantung pada beberapa faktor, seperti bahan lensa, kebersihan lensa, jenis cairan pencuci lensa, pemakaian lensa yang terlalu lama, tidur tanpa melepaskan lensa, dan kebersihan tempat penyimpanan lensa. Bahaya yang dapat ditimbulkan karena hal-hal di atas atara lain :

Bahaya dan Efek Samping Memakai Softles Terlalu Lama

  • Iritasi dan Mata Merah

Untuk menghindari bahaya minus tanpa kacamata orang-orang ingin menggunakan softlens atau lensa kontak. HalBahaya dan Efek Samping Memakai Softles Terlalu Lama itu dikarenakan mereka merasa risih dan tidak pede jika harus menggunakan kacamata yang mengganggu penampilan. Iritasi diakibatkan oleh adanya benda asing yang menempel di bola mata dan menyebabkan iritasi. Mata merah dan kering juga banyak dialami oleh orang yang mengalami iritasi akibat softlens. Oleh sebab itu orang yang memakai softlens diwajibkan untuk membawa tetes mata khusus lensa kontak agar matanya tidak menjadi kering.

  • Infeksi

Penggunaan softlens kebanyakan digunakan untuk mengurangi gejala mata minus tanpa menggunakan kacamata. Sayangnya penggunaan softlens yang salah dan tidak tahu cara merawatnya justru akan membuat penggunanya mengalami berbagai macam masalah mata. Jika mata hanya mengalami iritasi, bola mata tidak akan mengalami masalah selama iritasi itu bisa diatasi. Namun jika kasusnya sudah menjadi infeksi mata maka akan menimbulkan bekas luka di kornea mata. Karena infeksi yang terjadi itu kebanyakan menyerang retina. Infeksi itu juga menyebabkan rasa gatal sebab kuman telah masuk ke dalam kornea mata sehingga akan sangat bahaya mengucek mata menggunakan tangan anda yang kotor. Kuman dan bakteri akan semakin berkembangbiak di dalam mata. baca : cara mengobati infark miokard akut

  • Leukoma

Dampak berat dari penggunaan lensa kontak yang sudah terinfeksi adalah mengalami leukoma. Leukoma merupakan adanya becak putih seperti porselen yang ada di dalam kornea mata. Leukoma itu merupakan dampak akibat infeksi yang ada di mata dan diakibatkan oleh softlens.

Bercak putih seperti kilau proselen dari kejauhan itu akan ada di salah satu kornea atau di kedua kornea mata. Munculnnya leukoma di kornea mata bisa menyebabkan gangguan padangan pada pasien.
sponsored links

  • Nebula

Akibat ringan dari infeksi mata yang diakibatkan oleh softlens adalah nebula. Kebanyakan infeksi itu ada di kornea mata sehingga nebula juga akan menyerang mata. Nebula ini berbeda dengan leukoma, perbedaannya adalah leukoma bisa terlihat dari jarak jauh sedangkan nebula kekeruhan korneanya bisa dilihat dari jarak dekat. baca : cara menghilangkan telinga berdengung

  • Konjungtivitis

Bahaya lensa kontak bagi mata selanjutnya yang cukup penting adalah terjadinya konjungtivitis. Akibat lainnya dari softlens mata adalah terjadinya konjungtivitis. Penyakit ini merupakan munculnya peradangan di konjungtiva yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus yang ada di softlens tersebut atau karena tangan yang dipenuhi dengan bakteri dan kuman. Peradangan yang terjadi pada penderita konjungtivitis ada di selaput lendir mata, menyebabkan mata menjadi bengkak bahkan bisa sampai terkena kerusakan kornea mata. Gejala utama yang akan dialami orang yang mengalami penyakit ini adalah adanya rasa mengganjal seperti kemasukan benda asing di mata, sekitar mata sakit, pembengkakan pada mata dan juga munculnya rasa gatal di mata.

  • Menyebabkan Ulkus Kornea

Tahukah anda apa itu ulkus kornea?, ulkus kornea merupakan ditemukannya luka terbuka pada kornea yang ada di lapisan terluar. Hal ini bisa terjadi pada orang yang menggunakan lensa kontak sepanjang hari atau melebihi dari batas waktu pemakaian lensa kontak mata. Orang yang menderita ulkus kornea tidak boleh melihat matahari secara langsung sebab bahaya melihat matahari langsung bagi penderita ulkus kornea adalah akan mengakibatkan mata menjadi nyeri tak tertahankan. baca : obat susah gemuk

  • Bentuk Bola Mata Berubah

Orang yang memakai lensa kontak dalam waktu yang lama dan melekat erat di kornea bisa menyebabkan bentuk bola mata berubah menyerupai bentuk softlens yang digunakan. Hal itu dikarenakan setelah berkali-kali penggunakan lensa kontak, lensa itu justru kehilangan bentuk aslinya. Ketika digunakan kembali bentuk lensa kontak yang kehilangan bentuk aslinya justru akan mempengaruhi bentuk bola mata yang ada di dalam tubuh manusia.

  • Alergi

Bahaya penggunaan lensa kontak lainnya adalah orang tersebut akan mengalami alergi di matanya. Alergi itu bisa berupa mata menjadi gatal, rasa tidak nyaman dan masih banyak lagi lainnya. Alergi mata itu menyebabkan orang yang mengalaminya merasakan gatal sepanjang waktu akibat pemakaian lensa mata itu. Cara mengatasi alergi sangat dibutuhkan ketika seseorang mengeluhkan rasa gatal di kedua bola matanya.

  • Katarak

Bahaya sinar matahari di siang hari sebaiknya diperhatikan oleh orang yang menderita katarak. Dikarenakan orang yang mengalami katarak dan dia melihat matahari secara lansgung dia tidak akan bisa melihat selama beberapa detik karena silau dan mengalami pusing sesaat. baca : cara menghilangkan nyeri lutut

Orang yang menggunakan softlens akan beresiko terkena katark, sehingga mereka harus mengetahui gejala katarak itu apa saja. Ciri ciri mata katarak yang paling banyak diketahui adalah mata tersbeut akan silau saat malam hari karena cahaya lampu dan juga saat melihat matahari secara langsung. Softlens bisa menyebabkan mata katarak dikarenakan softlens yang digunakan bisa melukai kornea mata manusia sehingga kinerja kornea mata menjadi terganggu dan katarak akan muncul. Oleh sebab itu menghindari pemakaian softlens bisa menjadi salah satu cara mencegah katarak secara dini.

  • Mata Kurang Peka

Masalah lainnya yang akan timbul adalah mata menjadi kurang peka untuk menlihat. Orang yang menggunakan lensa menjadi kurang peka atau kurang fokus dalam menatap sebuah objek dekat maupun jauh.Tidak hanya itu saja, permukaan mata pun juga kurang peka sebab sering tersentuh dengan kontak mata tersebut. Hal ini bisa terjadi pada orang yang menggunakan lensa mata terlalu lama sehingga menimbulkan infeksi dan iritasi. obat asam lambung tinggi gastric health tablet

  • Kebutaan

Dampak terparah dari orang yang menggunakan lensa mata adalah kebutaan. Hal itu terjadi sebanyak 1 persen dari pengguna lensa mata yang ada. Ada suatu kasus dimana cairan plastik softlens meleleh karena panas dari asap pembakaran sehingga cairan plastik softlens tersebut merekat kencang di mata dan sulit untuk dilepaskan. Orang yang mengalami hal tersebut pun mengalami kebutaan permanen. Menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa pengguna softlens tidak boleh dekat-dekat dengan api maupun dengan asap dari api tersebut. Hal itu akan sangat berbahaya sekali sebab bisa menyebabkan cairan plastik softlens meleleh dan melekat ke mata. Tidak hanya itu saja cairan pastik panas itu mampu masuk ke mata dan merusak jaringan yang ada di mata. Kebutaan pun tidak bisa dihindarkan.

  • Mata Mudah Belekan dan Bintitan

Salah satu penyebab mata bintitan dan belekan adalah menggunakan softens terlalu lama dan digunakan untuk menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Sebagai cara menghilangkan mata bintitan dengan cepat adalah menghindari penyebab bintitan dan belekan tersebut yaitu tidak menggunakan softlens dalam waktu yang lama.

obat mata minusNah, Untuk anda yang suka memakai softles, ada baiknya jika anda mengetahui apa saja Bahaya dan Efek Samping Memakai Softles Terlalu Lama. Jadikan ini acuan supaya tidak terllau sering memakai Lensa Kontak atau Softlens ! Apalagi buat gaya gayaan saja. Selagi mata anda sehat dna normal, sayangi dan hormati mata anda ! Namun beda halnya jika anda memang sedang mengalami suatu penyakit di mata anda seperti mata minus, mata katarak, mata rabun dekat, rabun jauh, mata berlemak, mata kabur atau berkabut, mata berbayang, buta warna, dll. Itu semua tidak perlu memakai softlens ! Sekarang anda bisa mengobatinya secara alami. Tak perlu repot repot periksa sana sini, datang ke dokter sana sini. Jika anda sudah tahu kalau mata anda sedang bermasalah, segeralah anda obati dengan pengobatan herbal terlebih dahulu sebelum dengan cara lain !

Karena kini sudah hadir obat mata minus tinggi yang paling efektif, aman, tanpa efek samping, tk perlu pakai softles dan tak perlu pakai kacamata. Apa obatnya ? Hanya dengan EYE CARE SOFTGEL. Inilah satu satunya suplemen terbaik untuk kesehatan mata anda. Eye care softgel mampu mengatasi segala jenis penyakit yang menyerang mata anda. Terbuat dari bahan bahan herbal berkualitas salah satunya blueberry yang memiliki kandungan terbaik untuk membantu memperbaiki mata anda yang mengalami masalah. Seperti mata minus, dengan eye care softgel bisa berkurang bahkan bisa normal kembali ! Tidak hanya mata minus, penyakit mata lainnya pun bisa di atasi dengan eye care softgel. Alhamdulillah aman, efektif dan tanpa efek samping.

Untuk anda yang ingin tahu lebih lengkap khasiatnya, SIlahkan anda bisa klik EYE CARE SOFTGEL.

Bahaya dan Efek Samping Memakai Softles Terlalu Lama

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *